Kamis, 08 Maret 2012

Learning By Doing, so applicable!!

Diposting oleh Ranie's di 3/08/2012
Learning by doing

Kalimat itu sering gue denger dari salah satu temen kampus, Nova namanya.
Wait, sebelumnya lo tau gak apa yang dimaksud dengan learning by doing  itu?
Okeyy, Learning by doing adalah salah satu istilah di dunia pendidikan. Karena gue basicnya pendidikan, maka istilah tersebut sudah tak asing lagi. Learning By Doing secara kasar dapat diartikan sebagai metode belajar dimana dalam prosesnya, kita belajar dengan melakukan, mempraktekkan secara langsung. Buat gue metode belajar seperti ini sangat aplikatif jika diterapkan, kenapa? karena pada dasarnya manusia itu selalu belajar dari sebuah pengalaman. Yang dimana pengalaman tersebut selalu menjadi point penting yang akan diingat sehingga menjadi guru yang baik. Ya, hukum ini berlaku di hidup gue.
Disaat kita menerima sesuatu yang baru, dan saat itu kita berada di posisi yang mau tak mau harus melakoninya. Disitulah kita akan belajar untuk menguasai dan menemukan berbagai cara untuk menjalani hal baru tersebut. Haha, rancu ya penjelasan gue? Soalnya hal baru itu kan ada banyak, jadi disini gue mencoba untuk mengeneralisasikan. :p
Di awal, pertama kali kita mulai hal baru. Mungkin kita bakal ngerasa bahwa kita gak bisa apa - apa jika dibandingkan dengan mereka yang sudah terjun lama di bidang tersebut (dunia yang kita anggap baru). Tapi, lo semua musti yakin bahwa sebuah skill, potensi, serta kemampuan itu membutuhkan sebuah proses belajar guys. Semua orang yang ahli, awalnya pasti harus belajar terlebih dahulu untuk menguasai suatu hal. Begitu juga kita, jika kita ingin menjadi yang ahli. Maka kita juga harus mulai dari sekarang membiasakan diri untuk melakukan hal tersebut, sehingga terbiasa, kemudian menjadi bisa, dan akhirnya menjadi ahli di bidangnya.
Jangan pernah merasa Tidak Bisa, jika kita belum pernah Mencoba
Jangan pernah berkata Gagal, jika kita belum pernah Berusaha
Semua berawal dari kita, pernah denger kan kalimat, "Tidak ada yang dapat merubah nasib diri kita kecuali diri kita sendiri"?
So, mulailah dari diri kita sendiri dengan merubah pola pikir yang impossible menjadi possible. Sehingga timbul kemauan yang pasti akan berhasil jika diiringi dengan tindakan. Di agama kepercayaan gue, Islam. Gak ada yang gak mungkin, terlebih jika kita sudah berusaha dan berdoa. Maka selebihnya, serahkanlah kepada Allah.

Hwaitting!!!

1 komentar:

Claude C Kenni mengatakan...

Tiap orang punya cara belajar yg berbeda2. Ada orang yg belajar dengan cara melakukan...gua sendiri termasuk tipe yg harus learning by doing dalam belajar, hehehe

Posting Komentar

 

Ranieslife Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review